Keaktifan Salah Satu Himpunan Di IBIK-57 - Kampus IBI-K57

Breaking

PRODI AKUNTANSI IBI-K57 TERAKREDITASI B

Selasa, 17 April 2018

Keaktifan Salah Satu Himpunan Di IBIK-57

Pengenalan dan Pendidikan Dasar (PPD) 2018

IMG-20180308-WA0021
Foto bersama keluarga besar HIMATA

Guna menjalin ikatan serta membentuk karakter ideal sebagai seorang mahasiswa Akuntasi, Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMATA) Institut Bisnis dan Informatika KOSGORO 1957 (IBI-K57) mengadakan kegiatan Pendidikan yang bertema “Pengenalan dan Pendidikan Dasar (PPD)”.  Acara tersebut berjalan selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu 3 sampai 4 Maret 2018, bertempat di Bumi Perkemahan Cimandala, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan diikuti oleh sebanyak 35 peserta, yakni terdiri dari anggota yang baru bergabung dalam Keluarga Program Studi (Prodi) Akuntasi. Tak hanya itu, terdapat juga mahasiswa semester 4 yang mengikuti pendidikan tersebut.

Menanamkan Nilai Dasar dan Budaya HIMATA

Sufyan, selaku Ketua HIMATA mengatakan, acara yang rutin diadakan tiap tahun ini, diselenggarakan dalam rangka menanamkan nilai dasar dan budaya yang dimiliki HIMATA untuk anggota baru.
“Ini merupakan fase awal bagi HIMATA dalam memperkenalkan serta mendidik anggota baru. Dalam harapan peserta memahami fungsi sebagai mahasiswa akuntansi, serta dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam keseharian,”. ujar Sufyan pada Reporter Jurnal Himakom, Minggu, (4/3).
Mahasiswa yang akrab disapa Ucup itu juga menuturkan, pentingnya memberikan nilai dasar kepada para anggota baru, ialah agar dapat memahami fungsi serta peran mahasiswa akuntansi khususnya. Sehingga apa yang telah dipelajari dalam ruang akademis, dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.
“Karena itu dalam kegiatan ini diberikan materi tentang Tridharma Perguruan Tinggi agar semakin kuat pemahaman peserta” turunya.
Meskipun dalam kegiatan PPD ini fungsinya hanya sebatas memberikan arahan dan memperkenalkan. Ucup berharap kelak peserta memiliki landasan dalam melakukan hal yang positif setelah mengikuti kegiatan pendidikan dasar.
Bekal untuk Kehidupan
diskusi saat pemberian materi
Senada dengan Ucup, Mafazi selaku Majelis Penasehat Himpunan Akuntasi (MPHA) juga mengatakan jika membuat sebuah kegiatan yang bertajuk pendidikan sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan untuk bekal bagi anggota yang belum mengetahui tentang ruang dan fungsi sebagai mahasiswa.
“Sangatlah penting adanya sebuah kegiatan berbentuk pendidikan dasar ini diberikan kepada para mahasiswa baru, khususnya bagi mereka yang milih jurusan akutansi,” ujarnya, Minggu, (4/3).
Mantan ketua Badan Legislatif itu juga menjelaskan, manfaat dari mengikuti kegiatan tersebut yakni mahasiswa mendapatkan pemahaman untuk menempuh kehidupan sebagai mahasiswa ataupun di dunia kerja.
“Bila tidak berikan sebuah pemahaman akan fatal dampaknya kelak, kebingungan yang akan mereka hadapi nantinya. Karena itulah pentingnya sebuah pendidikan dasar selain membentuk karakter mahasiswa dan juga dimana memberikan mereka wawasan akan keilmuan yang digelutinya dalam perkuliahan.” pungkas pria yang akrab disapa Encek.

Regenerasi Organisasi HIMATA

Selain bermanfaat untuk membangun karakter dan fungsi bagi seorang mahasiswa yang mempelajari suatu bidang keilmuan. Hal tersebut juga senantiasa sama pentingnya bagi keberlanjutan sebuah roda organisasi.
Menurut Raven, selaku Wakil Ketua HIMATA 2015, PPD merupakan sebuah kebutuhan bagi setiap organisasi. Hal tersebut karena peserta merupakan calon penerus penggerak roda organisasi HIMATA, sehingga perlunya memahami akan nilai-nalai yang dimiliki HIMATA demi tercapainya tujuan organisasi.
“PPD ialah proses awal sistem pengkaderan bagi HIMATA, yang dimana merupakan kebutuhan organisasi untuk memberi pemahaman serta membangun karakter bagi mereka yang nanti akan menjalankan HIMATA,”. ujar Raven Minggu, (4/3).
Raven menjelaskan, hal yang terpenting sebelum melanjutkan roda organisasi adalah menanamkan jati diri kepada penerus, agar keberlangsungan dan fungsi HIMATA sesuai dengan apa yang diharapkan. Oleh karena itu kegiatannya pun selalu mengalami pengembangan setiap tahunnya.
“Oleh karena itu, kegiatan inipun setiap tahunnya mengalami perkembangan, menijau dari evaluasi tahun-tahun sebelumnya, agar kebutuhan dari HIMATA itu sendiri dapat terpenuhi,”.jelasnya.
Diketahui PPD merupakan tahap awal pengkaderan di HIMATA. Ketika peserta yang telah mengikuti pendidikan dan kelak mereka ingin menjadi pengurus, ada tahap selanjutnya.  Yakni mereka akan diberikan pembekalan lebih mendalam mengenai nilai dan fungsi dalam menjalankan roda organisasi HIMATA. (IS)
by : JURNAL HIMAKOM

5 komentar:

Unknown mengatakan...

postingan yang bermanfaat, terlebih lagi untuk yang belum mengetahuinya. semoga lebih banyak lagi postingan selanjutnya

Unknown mengatakan...

sangat positif

Unknown mengatakan...

sangat positif

Lulla Lewinski mengatakan...

Good Article, Good sharing😊👍

Unknown mengatakan...

Blog bagus buat yang pengen tau tentang univ. Kasgoro
Tapi lebih bagus lagi coba kembangin lagi banyak informasi
Seperti jadwal kuliah di univ.kasgoro
Atau jurusan apa aja yang ada di univ,. Kasgoro

Itu pasti banyak yg pengen tau juga